loading...

Monday, November 24, 2014

Belajar dari Perilaku Lebah : Akibat Lelah Jadi Salah

Lebah adalah serangga yang sudah tidak asing lagi terkenal dengan hasilnya berupa madu, manfaat madu sudah dari jaman dahulu baik untuk kesehatan. Untuk kali ini kita bahas lebah dengan prilakunya yang unik. Ternyata lebah hampir sama juga dengan prilaku manusia jika dilihat akibat kurang tidur,  kemampuan melakukan berbagai tugas biasanya berkurang, termasuk dalam berkomunikasi. Ternyata hal yang sama terjadi pada lebah. Hal ini kita kuak dari hasil penelitian yang dpublikasikan dalam jurnal.

Isi dari jurnal tersebut menemukan bahwa lebah madu yang kurang tidur juga mengalami masalah pada komunikasi. Mereka salah memberikan aba-aba kepada temannya tentang lokasi makanan. dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.   lebah sama seperti manusia, yang kebanyakan kerja sehingga menjadi stres dan berbuat kesalahan. Lebah pekerja memiliki tugas penting membiarkan rekan-rekan mereka mengetahui sarang untuk menemukan makanan.


Lebah menyampaikan informasi kepada teman-temannya dengan memberi petunjuk berupa  tarian kibasan. Petunjuk ini semacam kode yang memperlihatkan bunga nektar yang mekar. Tapi, ketika serangga ini tidak istirahat (tidur), kemampuan mereka berkomunikasi dengan jelas mulai melemah. Tarian mereka menjadi buruk dan tidak rapi ketimbang lebah yang istirahatnya cukup.  Dari hasil penelitian  dengan memberikan "insominator" untuk mengganggu lebah yang kurang tidur. Magnet itu melambai-lambai di atas lebah yang dilengkapi ransel dengan logam kecil. Kondisi itu menyebabkan lebah harus berdesakan dan tidak dapat tidur.  Setelah semalaman, perilaku lebah ini dibandingkan dengan lebah yang istirahatnya cukup. Kelelahan tampak pada lebah yang kurang tidur. Efeknya adalah rendahnya kualitas tarian kibasan. "Tarian ini belum tentu salah, tapi kurang tepat ketimbang lebah yang tidurnya cukup.   Diduga tarian yang kurang tepat ini akan menyebabkan jumlah lebah pengikutnya menjadi lebih sedikit menuju sumber makanan.  Syudy lebih lanjut akan dikembangkan untuk mendapatkan ahsil yang sempurna.
dikutif dari :DailyMail | UWD
thumbnail
Judul: Belajar dari Perilaku Lebah : Akibat Lelah Jadi Salah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Zoologi :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz