loading...

Friday, November 21, 2014

Apa Arti Simbol Koneksi Internet : G, E, 3G, H, kemudian H+


Sebagai pengguna handphone, smartphone atau pengguna jaringan internet harus tau apa maksud dari kode atau simbol-simbol yang sering muncul di hp kita pada saat terkoneksi dengan internet. Awalnya menjadi tanda tanya sendiri dengan adanya kode-kode berikut G, E, 3G, H, kemudian H+, namun semua terjawab setelah saya coba menelusuri dengan google search. Dari kode-kode diatas merujuk ke arti-arti yang khusus sesuai dengan jumlah kekuatan koneksinya. Berikut ini saya coba bahas satu persatu.

1. Simbol G pada HP merupakan kode untuk GPRS (General Packet Radio Service). Diantara teknologi data seluler lain, GPRS merupakan teknologi yang memiliki kecepatan paling rendah, hanya sekitar 60-80 kbps (kilobit per second) saja.

2.   Di atas GPRS, ada teknologi EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) yang disimbolkan dengan huruf E. arti simbol di Handphone adalah teknologi pengembangan dari GPRS dengan kecepatan yang tentu saja lebih tinggi, yaitu sekitar tiga kali lipat dari GPRS. Simbol EDGE disebut sebagai 2.5G. dalam generasi ketiga ini, teknologi yang digunakan benar-benar baru, sehingga kecepatannya bisa jauh lebih kencang, bisa mencapai 2 Mbps (megabit per second).

3.  Simbol 3G pada HP adalah (singkatan dari 3rd (third) generation) atau generasi ketiga. dalam teknologi seluler, GPRS disebut sebagai generasi kedua (2G).

4.  Simbol  H adalah kecepatan yang paling tinggi. H adalah kode dari HSPA (High Speed Packet Access) ini memiliki kecepatan unduh yang lebih tinggi, bisa mencapai 14 Mbps bahkan lebih, tergantung penyedia jasa layanan yang digunakan.

5.  HSPA+ yang sering dilambangkan dengan simbol H+. Jika ponselmu sudah mendukung HSPA+, kamu bisa mengunduh dengan kecepatan sampai ratusan Mbps. Tentu saja, kecepatan maksimalnya tergantung operator seluler yang digunakan.

Jadi, secara umum, urutan simbol paket data seluler dari yang paling lambat hingga paling kencang adalah G, E, 3G, H, kemudian H+. Sekian dulu semoga bermanfaat. 
thumbnail
Judul: Apa Arti Simbol Koneksi Internet : G, E, 3G, H, kemudian H+
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Handphone, Informasi Umum, Komputer dan Internet :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz