loading...

Sunday, March 10, 2013

Filum Arthropoda

Pengertian Arthropoda adalah hewan yang kakinya beruas-ruas. Arthropoda berasal dari kata arthron yang berarti ruas, dan podos yang berarti kaki. Arthropoda  merupakan hewan kelompok terbesar dalam arti jumlah species maupun penyebarannya. Hampir 90% dari seluruh jenis hewan yang diketahui adalah Arthropoda. 

Ciri-ciri filum Arthropoda adalah :

1) Tubuh beruas-ruas /berbuku yang terbagi atas kepala (caput), dada (thoraks), dan badan belakang (abdomen). Beberapa diantaranya ada yang memiliki kepala dan dada yang bersatu (cephalothoraks).
2)      Bentuk tubuh simetris bilateral, triploblastik, tubuh terdiri dari 3 lapisan (ektoderm, mesoderm dan endoderm dengan rongga tubuh / selom).  
3)      Rangka luar keras tersusun atas zat kitin
4)      Sifat hidup ada yang parasit, heterotropik, dan hidup secara bebas
5)      System peredaran darah terbuka (system lakuner) dan alat peredarannya berupa jantung dan pembuluh-pembuluh darah terbuka
6)      Alat pernapasan berupa trakea, insang, dan paru-paru yang merupakan lembaran (paru-paru buku)
7)      Alat pencernaan makanan lengkap terdiri atas mulut, kerongkongan usus, dan anus
8)      Sistem reproduksi terpisah, artinya ada hewan jantan dan ada hewan betina. Reproduksi terjadi secara seksual dan aseksual (partenogenesis dan paedogenesis)
9)      System saraf berupa tangga tali dan alat peraba berupa antena

10)  Hidupnya di darat, air tawar dan laut.

Reproduksi Arthropoda:
seksual : dengan peleburan gamet jantan (spermatozoid) dan gamet betina (ovum), ada hewan jantan dan betina

Klasifikasi Arthropoda  dibagi menjadi 4 kelas yaitu  

1. Crustacea (udang-udangan).  pembagian tubuh : Sefalotorak (cepala-dada), dan abdomen (perut). habitat : air. ciri-ciri : 10 pasang ( 1 ps tiap ruas ), Alat pernapasan insangcontoh.  genus /spesies Leander sp (udang), Macrocheira kaempferi (kepiting raksasa). 
Lengkapnya KLIK SINI 

2. Arachnoidea (Laba-Laba). pembagian tubuh : Sefalothorak dan abdomen. habitat : darat. ciri-ciri lain : 4 pasang kaki pad sefalotorak, Alat pernapasan berupa paru-paru buku. contonya : Thelyphonus (kalajengking), Mastigopractus (laba-laba).
Lengkapnya KLIK SINI 

3. Myriapoda (Kaki Seribu). pembagian tubuhnya : Sefal (kepala), torak (dada) dan abdomen ( perut ). habitatnya : 
darat. ciri-cirinya: 1 pasang pada setiap ruas, Alat pernapasan berupa trakea. contohnya : Chilopoda (lipan), Diplopoda (Kaki seribu).
Lengkapnya KLIK SINI 

4. Insecta (serangga). pembagian tubuhnya : Sefal, torak dan abdomen. habitatnya: Darat , perairan. ciri lainnya 3 pasang pada torak, Alat pernapasan trakea,Beberapa dia antaranya ada yang bersayap. contohnya : Apis ( lebah ), Aedes (nyamuk).  
Lengkapnya KLIK SINI 
Peranan anggota filum Arthropoda :
sebagian besar menguntungkan manusia, karena : dapat dimakan , pengobatan/bahan obat ,penghasil bahan makanan (madu), membantu proses reproduksi pada tanaman
beberapa diantaranya ada yang merugikan, karena : merusak tanaman pertanian (belalang,kutu), menyebarkan penyakit (lalat, nyamuk) 



thumbnail
Judul: Filum Arthropoda
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Zoologi :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz