loading...

Sunday, November 30, 2014

Makanan Penyebab Gigi Kuning

Gigi putih bersinar adalah dambaan semua orang seperti iklan-iklan di televisi yang memperlihatkan gigi yang putih cemerlang. rasa percaya diripun akan muncul apabila kita dengan penampilan gigi yang bersih cemerlang, sehingga kitapun tidak malu malu untuk membuka senyum lebar dan tebar pesona di muka umum. ya seperti senyum para miss universe pada saat kontes di panggung sejagat.. xixixixi... Akan tetapi terkadang tanpa disadari asupan makanan yang dikonsumsi menyebabkan warna gigi yang putih jadi berubah kuning. Seperti  teh, kopi, minuman bersoda, dan jenis-jenis buah beri termasuk beberapa makanan yang dikenal sebagai pembuat noda pada gigi.

Selain obat-obatan dan gaya hidup, ada beberapa makanan yang berpengaruh pada warna gigi seseorang, berikut Beberapa jenis makanan lain yang bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi yaitu :

1. Tomat.

 Tomat juga memiliki kandungan warna alami pada buah yang bisa meninggalkan noda pada gigi. apalagi jika tomat ini sudah diolah menjadi saus tomat botolan. Kandungan zat pewarna tambahan di dalam saus tomat juga bisa memperparah bekas warna yang ditinggalkan pada gigi. Selain saus tomat, saus sambal, kecap, dan kuah kare yang kental juga menjadi penyebab noda pada gigi.

2. Minuman suplemen kesehatan dan minuman olahraga.

 Minuman olahraga dan minuman kesehatan juga bisa menyebabkan kerusakan enamel gigi karena kandungan asamnya. Akibatnya noda akibat minuman ini akan tertinggal di gigi. Sebaiknya pilih air putih sebagai pengganti minuman kesehatan ataupun minuman olahraga.

3. Jus buah.

Meski sebenarnya buah berpengaruh positif pada tubuh, namun kandungan asam dari buah yang terlalu tinggi dan terlalu banyak bisa merusak gigi. Kandungan asam dalam buah bila dikonsumsi terus-menerus dalam jumlah yang terlalu banyak juga bisa merusak enamel gigi dan membuat gigi berlubang.

4. Wine.

Bekas tumpahan wine di taplak meja biasanya akan sulit dihilangkan. Tak heran bila wine, terutama red wine, juga bisa meninggalkan noda pada gigi. Kandungan asam, tannin, dan chromogen pada wine itulah yang menyebabkan noda pada gigi. Selain anggur merah, anggur putih juga bisa membuat gigi berubah warna.

5. Antibiotik.

Terlalu sering mengonsumsi obat-obatan, terutama antibiotik, juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Kandungan tetracycline pada antibiotik adalah faktor penyebab gigi menjadi kuning, terutama pada anak-anak. Konsumsi antibiotik yang mengandung tetracycline selama masa pertumbuhan gigi (mulai dari awal kehamilan sampai anak usia 8 tahun) bisa membuat gigi anak mengalami perubahan warna yang bersifat permanen.  Antibiotik yang mengandung tetracycline ini sudah sedikit dan jarang digunakan lagi pada saat ini. Dikutif dari TRIBUNNEWS (dot) COM  

thumbnail
Judul: Makanan Penyebab Gigi Kuning
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kesehatan, saint :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz